Hw Caolian – Nikmati keunikan kopi. Negara Indonesia terkenal akan keharuman dari biji kopinya, setiap daerah tentunya memiliki keunikannya yang menarik bagi peminat. Kopi Indonesia sampai bisa di eksport ke luar negeri di karenakan keunggulan dari hasil tanamannya. Indonesia menjadi salah satu negara penghasil sekaligus produsen kopi dari berbagai jenis kopi. Mulai dari kota yang terkenal dengan keharuman kopinya ada di Jogja dengan seduhan dari arang panas.

Ada beberapa kota kota di Indonesia yang terkenal dengan keharuman kopinya di beberapa tempat ini. Yuk kita jajarin satu persatu:

Nikmati Keunikan Kopi dari Beberapa Kota Ini

Bukit Tinggi

Bukit Tinggi

Nikmati Keunikan Kopi di salah satu kota Sumatera Barat dengan sajian kopi yang berada di Warung Kopi Daun. Di warung kopi ini menyajikan dengan cara tersendiri, dan dikabarkan cara suguhan kopi di tempat ini berasal dari masyarakat Minangkabau. Uniknya disini kopi bukan disajikan langsung dari biji kopi melainkan dari daun kopi sehingga cara penyajiannya seperti menyuguhkan teh.

Baca Juga: Cobai Kreasi Makanan Cumi Berbalut Tinta Hitam

Biasanya kita menikmati kopi selalu dari cangkir, lain dari warung kopi daun dengan menggunakan batok kelapa. Sehingga aroma dari daun kopi yang berada di batok kelapa menjadi lebih harum. Nikmati Keunikan Kopi tradisi suguhan kopi langsung melalui daun kopi sudah dijalanin ratusan tahun lalu karena pada jaman dahulu biji kopi selalu di ekspor ke Belanda. Sehingga masyarakat Indonesia hanya dapat menikmati kopi dari daunnya saja.

Yogyakarta

Yogyakarta

Di kota Yogyakarta terdapat tempat nongkrong yang berada di dekat stasiun kereta api, biasanya kopi biji yang digunakan berasal dari Klaten. Tiap penjual kopi menggunakan cara tersendiri untuk menyuguhkan kopinya, kebanyakan dari mereka menyangrai dahulu dan ditumbuk secara halus. Nikmati Keunikan Kopi dengan cara unik supaya rasa dari keharuman kopinya tetap ada dan tentunya menggunakan air yang dimasak melalui bara api secara langsung. Kemudian dari hasil bakar bara api panas ini yang berasal dari arang kayu dicelupkan dalam kopi.

Aceh

Aceh

Di Indonesia, Kota Aceh paling terkenal dengan kopi gayonya. Di Aceh ada beberapa keunikan dari cara menyajikan kopi, salah satu seperti dari kopi sanger. Kopi ini diseduhkan dari seorang joki, cara seduh kopi dari joki dengan saringan panjang dan khusus. Dari saringan ini akan ditarik beberapa kali, dan tentunya ditambahi dengan susu kental kopi ini akan kelihatan lebih enak.

Lain dari Nikmati Keunikan Kopi ini dari Kopi Khop, cara penyajian cara terbalik. Para pengunjung yang menikmati kopi ini tidak di izinkan untuk membalikkan kopi sampai selesai diminum. Cara meresapi kopi ini dengan menyesap kopi yang tertumpah sampai selesai.

Tulungagung

Tulungagung

Kota Tulungagung ini tersedia kopi ijo dengan warna yang lebih pucat dari kopi pada umumnya. Cara seduhan dengan menyangrai melalui wadah tanah liat kemudian dibakar diatas kayu bakar yang akan mengeluarkan aroma kopi yang enak dan harum. Anda bisa Nikmati Keunikan Kopi  di salah satu kedai Angkringanku. Harga secangkir kopi di kedai ini cukup murah hanya 4ribu saja, bahkan Presiden Jokowi pernah mendatangi kedai ini untuk menikmati kopi ijo.

Nikmati Keunikan Kopi
Nikmati Keunikan Kopi

Gresik

Terkenal dengan nama Kopi Kopyok atau kopi kasar, karena kopi ini berasal dari bubuk kopi jenis Java Coffee. Dimana kopi kasar dalam bentuk serbuk ini akan di masukkan dalam cangkir keramik kemudian disiram dengan air mendidih. Menurut masyarakat sekitar menyatakan bahwa air yang digunakan diambil langsung dari air sumur yang telah direbus 3 kali. Nikmati Keunikan Kopi dengan menggunakan air mendidih di dalam serbuk kopi tersebut. Rasa dari kopi tersebut lebih terasa masam dan pahit sehingga perlu ditambahi dengan susu kental manis.

Written by

admin