Melawan Lupa, Ini 5 Jajanan Jadul Yang Serba Manis

HW caolian – Di era saat ini, berbagai hal memang sudah menjadi modern. Bukan hanya perkara teknologi, aneka kuliner Jajanan Jadul yang ada pun makin maju. Namun tak sedikit dari Anda yang mungkin kadang merindu dengan jajanan alias camilan lawas. Ya, saat ini generasi milenial dan Z memang lebih biasa dengan makanan atau minuman kekinian yang viral. Namun tetap saja, ada banyak sekali kudapan jadul yang layak untuk disantap.

Bahkan bagi Anda generasi 90-an, menikmati makanan dan minuman jadul tentu memiliki kesan tersendiri. Akan selalu ada kenangan yang muncul saat memakannya, entah masa-masa sekolah waktu istirahat, menunggu jemputan hingga menanti gebetan kelas sebelah.

Banyaknya jajanan jadul yang berasa manis pun membangkitkan memori manis yang selama ini tenggelam di bagian otak dan hati Anda.

Seperti apa sih jajanan lawas yang masih manis untuk dikenang itu?

Jajanan Jadul Bikin Nostalgia

Rambut Nenek

Jajanan Jadul Yang Serba Manis

Penyebutan nama camilan berwarna merah muda dan berbentuk helaian halus ini di berbagai daerah berbeda-beda. Ada yang menyebutnya sebagai rambut nenek, arbanan, gulali hingga arumanis.

Biasanya rambut nenek dijual oleh pedagang keliling yang membawa alat musik gesek. Harganya sangat murah dan Anda sudah memperoleh tambahan kerupuk atau adonan pembungkusnya setiap kali beli. Zaman yang berkembang membuat penjaja rambut nenek tergerus jaman.
Namun tenang saja, saat ini sudah banyak sekali penjual rambut nenek online. Jika dulu tampilannya hanya dominan merah muda, rambut nenek jaman now semakin cantik dengan aneka warna dan tetap manis.

Kue Lupis

Jajanan Jadul Yang Serba Manis

Beberapa pasar tradisional di Tanah Air masih menjual makanan lawas ini. Terbuat dari beras ketan, kue lupis dimakan dengan siraman saus gula merah serta taburan kelapa parut. Anda akan merasakan nikmatnya kue lupis yang terasa manis serta gurih. Untuk menghidupkan kembali minat banyak orang pecinta Casino Online untuk memakan kue lupis, saat ini berbagai event kuliner kerap menjajakannya.

Carang Mas

Jajanan Jadul Yang Serba Manis

Sekali lihat saja, Anda bisa membayangkan manisnya carang mas. Terbuat dari ubi jalar yang digoreng kering lalu disatukan oleh gula merah membuat carang mas disukai banyak orang.

Bukan hanya kalangan tua, anak-anak muda kekinian juga tak mau ketinggalan mencari carang mas. Sama seperti rambut nenek, nama carang mas juga berbeda-beda tergantung daerahnya seperti kue grubi, sarang balam, kremesan ubi, ceker remes, walangan, gagati, cakar ayam atau jajan srebet.

Permen Gulali

Jaman dulu bagi kebanyakan masyarakat Indonesia untuk memperoleh permen cukup mahal. Pabrik-pabrik permen pun belum banyak berdiri di Tanah Air sehingga jika ingin camilan manis, gulali adalah solusinya. Dibuat dari bahan dasar gula, penjual permen gulali jauh lebih menarik minat para calon pembeli.

Bukan hanya sekedar menjual, pedagang permen gulali harus memiliki keterampilan tangan untuk membuat permen sesuai dengan keinginan anak-anak. Tak sedikit dari mereka yang sampai membawa cetakan permen gulali. Agar rasanya makin enak, beberapa penjual menyediakan kental manis cokelat atau meses sebagai topping.

Gethuk

Singkong adalah salah satu makanan pokok orang Indonesia. Dan bagi masyarakat Jawa jaman dulu, perkara makan nasi termasuk hal yang mewah sehingga singkong kerap jadi pilihan.

Dalam perkembangannya, singkong juga bahan dasar aneka jajanan seperti salah satunya adalah gethuk. Tidak susah untuk membuat gethuk karena Anda tinggal mengupas singkong, dibersihkan lalu digiling sampai halus. Setelah halus adonan diberi perwarna dan siap dibentuk. Penyajiannya biasanya memakai kelapa parut.

Written by

admin